Pengalaman dan kesalahan adalah guru yang sangat berharga buat saya, saya selalu belajar dari sebuah pengalaman dan kesalahan. Pengalaman dan kesalahan membuat kita tahu akan semuanya, kita menjadi tahu solusinya.

Okeh,,langsung aja bunk ,,,,!!

Seperti yang kita lihat Virus komputer semakin merajalela, terutama “Virus Shortcut” yang gampang sekali muncul. Tapi tenang, Anda tidak usah panik, karena Saya akan berbagi kepada anda cara hebat untuk menangani Virus shorcut tersebut.

Mungkin anda sedikit kesal dengan datangnya virus shorcut tersebut. Entah dari mana asalnya, tapi virus shortcut itu gampang sekali muncul. Sering buat kesal, apalagi jika File / Folder kita hilang akibat virus tersebut, tambah jengkel dech…!

Tapi jangan emosi dulu, semua itu bisa di atasi dengan mudah dan simpel. Di bawah ini saya akan uraikan cara mengembalikan data di flasdisk yang hilang akibat virus shortcut berdasarkan pengalaman :

  1. Langkah pertama, scan dulu flasdisk anda yang terinfeksi virus shortcut tersebut. Terserah anda mau scan pakai anti virus apa, kalau saya sih pakai  “Avast dan Smadav”
  2. Setelah anda selesai menyecan flasdisk dan sudah menghapus semua virus, langkah selanjutnya adalah klik kanan flasdisk pilih property-pilih tools-pilih check Now-centang pada scan for and attempt recovery of bad sectors lalu klik start. Tunggu sampai selesai mengecek.

  1. Lihat isi flasdisk anda, sudah munculkah folder yang tadi hilang akibat virus? Jika sudah muncul, hapus secara manual icon – icon shortcut yang ada di flasdisk sampai habis. Tapi jika belum ikuti langkah selanjutnya.
  2. Pada jendela eksplorer tepatnya di menubar, klik tools-pilih folder option-klik view-cari hidden files and folder-cetang pada show hidden files and folder.
  1. Lihat flasdisk anda, file / folder yang tadinya hilang karena virus sekarang sudah muncul kembali. Eits…tapi jangan senang dulu, file / folder di flasdisk anda belum kembali, masih berwarna samar – samar.
  2. Tahap selanjutnya adalah mengembalikan data yang berwarna samar tersebut, begini caranya : buka dulu command prompt. Caranya klik startp-all program-accessories-command prompt, di jendela command prompt ketikan huruf  e  lalu tekan enter, bila flasdisk di e. setelah itu ketikan attrib  –s –r –h /s /d   lalu tekan enter.
  1. kini file / folder anda sudah kembali ke sisinya….(haha..)
  2. Setelah semua kembali, hapus icon – icon shorcut secara manual saja sampai tak tersisa.
  3. Eits,,,,,tugas anda belum selesai, jangan lupa kembalikan seperti semula show and hidden-nya. Jika anda belum kembalikan seperti semula, pasti akan terlihat icon aneh seperti recycle bin dll.

Caranya, pada jendela explorer di menubar pilih tools-folder option-pilih view-cari hidden files and folder-cetang pada  Do not show hidden files and folder.

Selesailah tugas anda, file / folder anda telah kembali seperti semula. Tapi pengalaman saya, biasanya ada file / folder yang hilang, tapi kalu tidak ada bersyukurlah.

Salam sukses, semoga bermanfaat.

Penjelasan :

  • attrib = perintah untuk mengubah attribute suatu file atau folder
  • -s = menghilangkan attribute System
  • -h = menghilangkan attribute Hidden
  • -r = menghilangkan attribute Read-Only
  • *.* = menampilkan seluruh file/folder, jika ingin menampilkan jenis file word saja, ketik *.docx, atau cukup mengganti ekstensi file-nya untuk jenis file yang lainnya.
  • /s = proses diterapkan pada file yang berada pada folder maupun sub folder
  • /d = proses folder agar berjalan dengan baik
  • Jika tanda (-) digunakan untuk menghilangkan attribute, maka tanda (+) digunakan untuk menambahkan attribute. Misalnya +h akan menghasilkan file/folder di-hidden.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...